Mengenal Aplikasi Blender
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
Sejarah Blender
Bermula Pada tahun 1988-an Ton Roosendaal mendanai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo yang sangat berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan perangkat lunak internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah perangkat lunak yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati lebih dalam ternyata Blender ini memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis di luar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah perangkat lunak animasi 3D yang padat, lintas platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat pengguna komputer yang umum.
Sayangnya cita-cita nya NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. pada tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan perangkat lunak komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar perangkat lunak ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Penutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu dan zaman begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek sumber terbuka. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang di bawah syarat–syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
Fitur-Fitur Blender
Blender
memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain
tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat
lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi
yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih
dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
Tampilan awal aplikasi blender
Klik kiri pada sembarang tempat untuk menampilkan factory settings pada Blender, sehingga akan tampil fitur seperti berikut.
- Header :Menu utama Blender yang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.
- Viewport : Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
- Toolbar : Terdiri atas daftar tools yang memilikisifat dinamis menurut objeknya.
- Outliner : Struktur data dari objek pada Blender.
- Properties : Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.
- Timeline : Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer
Format Blender
Blender
fitur sistem file internal yang memungkinkan seseorang untuk berkemas beberapa
adegan menjadi sebuah file tunggal (disebut "campuran."File).
· Semua
Blender's ". Campuran" file maju, mundur, dan lintas-platform yang
kompatibel dengan versi lain dari Blender.
· Snapshot
". Berbaur" file dapat otomatis disimpan secara berkala oleh program,
sehingga memudahkan untuk bertahan crash program.
· Semua
adegan, benda, bahan, tekstur, suara, gambar, efek pasca-produksi untuk seluruh
animasi dapat disimpan dalam satu ". Berbaur" file. Data diambil dari
sumber eksternal, seperti gambar dan suara, juga dapat disimpan secara
eksternal dan direferensikan baik melalui nama path absolut atau relatif.
Demikian juga, "campuran." File sendiri juga dapat digunakan sebagai
perpustakaan aset Blender.
· Interface
konfigurasi dipertahankan dalam ". campuran" file, seperti bahwa apa
yang Anda simpan apa yang Anda dapatkan pada saat beban. File ini dapat
disimpan sebagai "default user" jadi ini konfigurasi layar, serta
semua benda yang tersimpan di dalamnya, digunakan setiap kali Anda memuat
Blender.
Sebenarnya ". Campuran"
file ini mirip dengan EAInterchange File Format , dimulai
dengan header sendiri (untuk BLENDER_v248 misalnya) yang menentukan versi, endianness dan ukuran penunjuk, diikuti
oleh kumpulan potongan biner menyimpan blok data, dan semua jenis dan definisi
struct juga dikenal sebagai DNA. Meskipun sulit untuk membaca dan mengkonversi
"campuran." File ke format lain menggunakan alat eksternal, readblend utilitas bisa melakukan ini.
Puluhan impor / ekspor script yang berjalan di dalam Blender sendiri, mengakses
data objek melalui API
, memungkinkan untuk antar-beroperasi dengan alat 3D lainnya.
Jeroen
Bakker didokumentasikan format file Blender untuk memungkinkan antar-operasi
dengan perkakas lain. Dokumen dapat ditemukan di misteri campuran. Sebuah
browser struktur DNA juga tersedia di situs ini.
Blender
mengatur data berbagai jenis "blok data", seperti Objects, jerat,
Lampu, Pemandangan, Bahan, Gambar dan seterusnya. Sebuah objek dalam Blender
terdiri dari beberapa blok data - misalnya, mesh polygon memiliki setidaknya
satu Obyek dan Mesh blok data, dan biasanya juga sebuah Bahan. Hal ini
memungkinkan berbagai data blok untuk merujuk kepada satu sama lain, mungkin
ada, misalnya, beberapa Objek yang mengacu pada Mesh yang sama, yang memungkinkan
mesh yang akan digandakan sementara hanya menjaga satu salinan data mesh di
memori, dan memungkinkan editing berikutnya semua digandakan jerat pada waktu
yang sama. hubungan blok data juga dapat diubah secara manual. Data blok juga
dapat disebut dalam lainnya. paduan file, yang memungkinkan penggunaan.
campuran file sebagai objek perpustakaan dapat digunakan kembali.
Komentar
Posting Komentar